Ratakan

Informations :

Year End Closing Procedure


YEAR-END CLOSING PROCEDURES

Langkah yang harus Anda lakukan sebelum Year-End Closing:

1.     OPTIONAL :

-       Cek transaksi yang berstatus Edit Required di window Batch Recovery (Tools >> Routines >> Batch Recovery). Jika ada, segera lakukan perbaikan untuk data-data yang gantung atau nyangkut.

-       Lakukan Multicurrency Revaluation untuk modul Purchasing, Sales, atau Financial jika diperlukan ( Baiknya dilakukan sebelum YEC ).

Tools >> Routines >> Financial >> Revaluation.

2.     WAJIB :
-       Siapkan Folder yang akan digunakan untuk menyimpan Report per module (Inventory = INV, Receivables Management = AR, Payables Management = AP, Fixed Assets = FA, dan Financial = FIN )

-       Software PDF untuk print report-report ke PDF. ( PENTING !! )

-       BACKUP SEMUA DATABASE ( COMPANY & DYNAMICS ) à All user harus keluar dari GP. Contoh : ARTHA_BeforeYEC2011.bak

-       Ganti tanggal user menjadi 31 Desember 20xx ( xx = Thn yang akan di tutup )

-       Set PDF sebagai default printer

-       Buka Fiscal Period 12 module Financial, Sales, Purchasing & Inventory

-       Pastikan semua transaksi di setiap modul di tahun yang akan ditutup sudah di-posting.
Cek via Smartlist dengan settingan berikut ini :

a.     Fixed Assets Books                        à Depreciated to Date is Not Equal To 12/31/20xx
Fully Depreciated Flag is Equal to N
Maximum Records : 9999999999

b.    Inventory Transaction           à Document Date is Between 1/1/20xx – 12/31/20xx
Document Status is Equal to Unposted
Maximum Records : 9999999999
     
c.     Payables Transaction          à Document Date is Between 1/1/20xx – 12/31/20xx
Document Status is Equal to Unposted
Maximum Records : 9999999999

d.    Receivings Transaction        à Receipt Date is Between 1/1/20xx – 12/31/20xx
Posting Status is Equal to Unposted
Maximum Records : 9999999999

e.     Receivables Transaction      à Document Date is Between 1/1/20xx – 12/31/20xx
Document Status is Equal to Unposted
Maximum Records : 9999999999

f.     Sales Transaction                à Document Date is Between 1/1/20xx – 12/31/20xx
Document Status is Equal to Unposted
SOP Type is Equal to Invoice
Maximum Records : 9999999999

g.    Account Transaction                        à  Trx Date is Between 1/1/20xx – 12/31/20xx
      Document Status is Equal to Work
Maximum Records : 9999999999

h.     Cara 2 ;
Account Summary               à Year is Equal to 2013
                 Posting Type is Equal to Profit and Loss
 Maximum Records : 9999999999

* Tarik ke Excell, summary CREDIT & DEBIT Amount lalu hitung :

   Profit Loss 20xx = CREDIT Amount -  DEBIT Amount





A.    MODULE INVENTORY

Prosedur untuk melakukan year end closing adalah sebagai berikut:

1.     Post semua transaksi tahun yang akan ditutup yaitu Sales Order Processing, Invoicing, Purchase Order Processing, Inventory Control dan Bill of Materials. (Cek dari Smartlist à Inventory)

2.     Reconcile Inventory Quantities

(Tools >> Utilities >> Inventory >> Reconcile).

ü  Pilih ALL
ü  Ceklist Include Item History
ü  Klik Process.

Report : Inventory Reconcile Report

Note:
Jika Item nya banyak akan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses reconcile item ini. Jika terjadi perbedaan pada saat reconcile, Quantities yang telah di-adjust oleh GP akan terrefleksi di Reconcile Report.

Additional step :

Lakukan Physical Inventory Count (Transaction >> Inventory >> Stock Count Entry) dan jika ada selisih bisa Post adjustments

3.     Print additional reports. Buat Option baru (New) YEC 20XX :
Note : Disarankan agar semua report yang dicetak ke PDF & disimpan di Folder INV.

ü  Serial Number
(Reports >> Inventory >> Serial / Lots : Serial Number )

a.     Tidak ada range yang di pilih >> Langsung Print : Screen atau Printer

Report : Serial Number Report

ü  Lot Number
(Reports >> Inventory >> Serial / Lots : Lot Number )

a.     Tidak ada range yang di pilih >> Langsung Print : Screen atau Printer

Report : Lot Number Report

ü  Purchase Receipts
(Reports >> Inventory >> Activity : Purchase Receipts )

a.     Range : Date 1/1/20xx  - 12/31/20xx  

Report : Inventory Purchase Receipts

ü  Stock Status
(Reports >> Inventory >> Activity : Stock Status )

a.     Tidak ada range yang di pilih >> Langsung Print : Screen atau Printer

Report : Inventory Stock Status

ü  Historical IV Trial Balance
(Reports >> Inventory >> Activity : Historical IV Trial Balance)

a.     Range : Date From 1/1/20xx to 12/31/20xx

Report : Historical Inventory Trial balance Detailed Report by Item

ü  Turnover
(Report Reports >> Inventory >> Analysis : Turnover Report )

a.     Tidak ada range yang di pilih >> Langsung Print : Screen atau Printer

Report : Inventory Turn Over Report

ü  Transaction
(History Reports >> Inventory >> History : Transaction History )

a.     Range : Date Form 1/1/20xx  to 12/31/20xx 

Report : IV Transaction history Report

4.     Back up database company. ( Cth. ARTHA-YEC2011_ReconInv.bak )

5.     Ganti tgl user menjadi 31 Desember 20xx ( xx = Thn yang akan di tutup )

6.     Close Fiscal Year, dengan langkah:

( Tools >> Routines >> Inventory >> Year-End Close )

ü  Recommend :    UPDATE Item’s Standard Cost sebaiknya dilakukan.
 REMOVE tidak perlu dilakukan,

ü  Klik PROCESS

Report Year-End Closing :  Tidak menghasilkan report

Information :
Mark Remove Discontinued Items jika menginginkan semua discontinued items yang memiliki saldo nol dihapus dari system. Masih dapat menaril informasi mengenai item tersebut baik secara report maupun inquiry di Sales Order Processing, Invoicing atau Purchase Order Processing.

Mark Remove Sold Receipts jika menginginkan semua Sold Receipts dimana quantity received dan quantity sold yang sudah sama (equal) dihapus dari system. Ini adalah langkah optional dan mungkin tidak perlu dilakukan setiap year-end closing karena nilai ini akan sangat membantu apabila Items tersebut diretur melalui Invoicing sehingga tidak ingin menghapusnya dari system.

Mark Remove Sold Lot Attributes jika menginginkan nilai untuk Lot Number yang sudah terjual sepenuhnya dihapus dari system.

Mark Update Item’s Standard Cost jika menginginkan agar system meng-adjust secara otomatis Standard Cost setiap Item yang valuation method-nya diset FIFO Periodic atau LIFO Periodic ke Current Cost atau nilai terakhir pembelian item tersebut.

7.     Close Fiscal periods untuk module Inventory, dengan langkah:

ü  Tools >> Setup >> Company >> Fiscal Periods.

ü  Mark periode 12 untuk series Inventory >> Klik OK

8.     Back up database company ( Cth : ARTHA-YEC2011_CloseInv.bak ).

FYI :

-       Untuk Year End Closing Inventory module tidak ada report yang perlu untuk dicek karena tidak ada laporan yang dihasilkan. Namun, Standard Cost setiap item sudah terupdate sesuai dengan Current Cost (Standard Cost = Current Cost)
-       Cek hasil Year End Closing module berhasil atau tidak di GP :  (Inquiry >> Inventory >> Item) Semua informasi mengenai Quantity Sold, Returned, In Use, In Service, Damaged, Back Ordered, Requisitioned di Item Inquiry akan hilang (karena go to history)

B.    MODULE RECEIVABLES MANAGEMENT

Prosedur untuk melakukan year end closing adalah sebagai berikut:

1.     Ganti tgl user menjadi 31 Desember 20xx ( thn yg ditutup )

2.     Post semua transaksi tahun yang akan ditutup. (Cek dari Smartlist à Sales Transaction & Receivables)

3.     Print Report , Buat Option baru (New) YEC 20xx :
Note : Disarankan agar semua report yang dicetak ke PDF & disimpan di Folder AR.

ü  Aged Trial Balance
(Report >> Sales >> Trial Balance : Aged Trial Balance w/ Option ) dengan criteria :

a.     Mark ;  Fully Paid Documents, Zero Balance, No Activity,
Unposted Applied Credit Documents

b.    Ranges Date from 1/1/20xx to 12/31/20xx

Report : MC RM Detail Aged Trial Balance – Options
 MC RM Currency Summary Aging Report

ü  Sales Analysis Reports
(Reports >> Sales >> Analysis : Receivables Sales Analysis ) pilih :

a.     Tidak ada range yang di pilih >> Langsung Print : Screen atau Printer

 Report : RM Sales Summary Report

ü  Customer Period Analysis Reports
(Reports >> Sales >> Analysis : Period Sales Analysis ) dengan criteria :

a.     Year : 20xx

b.    Period : From 1 To 12

Report : RM Period Sales Analysis Detailed

Additional step :

Cek sebelum & sesudah YEC (Inquiry >> Sales >> Yearly Summary à Summary View : Amounts Since Last Close) untuk cek Customer Yearly Summary Inquiry dari beberapa customer sebagai sample. Kita akan membandingkan kolom Year To Date, Last Year dan Life To Date bahwa amount tersebut akan berpindah kolom setelah dilakukan Year End Closing.


4.     Close Fiscal Year, dengan langkah:

ü  Tools >> Routines >> Sales >> Year-End Close.

ü  Mark All (umumnya sudah di mark karena default).

ü  Cek tanggal Last Closing Date, apakah sudah tanggal YEC tahun lalu


ü  Mark checkbox Print Report (umumnya sudah di mark karena default).

ü  Klik Process (klik hanya sekali saja).

Report Year-End Closing :   RM Year End Close Fiscal-Calendar,
RM Year End Close – Salesperson,
RM Year End Close - Sales Territory.

Report ini merupakan bagian dari audit trail dan harus disimpan sebagai permanent records dan tidak bisa di print ulang.

5.     Close Fiscal periods untuk module sales, dengan langkah:

ü  Tools >> Setup >> Company >> Fiscal Periods.

ü  Mark periode 12 untuk series Sales >> Klik OK

6.     Back up database company ( Cth : ARTHA-YEC2011_CloseAR.bak ).

7.     Ganti tgl user menjadi 31 Desember 20xx ( xx = Thn yang akan di tutup )

8.     Bandingkan report RM Sales Summary Report dengan report RM Year End Close Fiscal-Calendar, dimana jumlah Sales, Return, Cost dan Cash harus sama.  Bila sama berarti prosedur year – end Closing untuk modul Receivables Management telah selesai dilakukan.

FYI :

Sebelum hasil antara report Receivables Sales Analysis dan Year-End Close hasilnya belum sama, jangan pernah lanjut ke modul berikutnya.

C.    MODULE PAYABLES MANAGEMENT

Prosedur untuk melakukan year end closing adalah sebagai berikut:

1.     Post semua transaksi tahun yang akan ditutup. ( Cek dari Smartlist à Receiving & Payables )

2.     Print Report , Buat Option baru (New) YEC 20xx :

Note : Disarankan agar semua report yang dicetak ke PDF & disimpan di Folder AP.

ü  Aged Trial Balance
(Report >> Purchasing >> Trial Balance : Aged Trial Balance with Options) dengan criteria :

a.   Mark : Zero Balance, No Activity, Unposted Applied Credit Documents

b.   Date : From 01/01/xx to 12/31/xx

Report : MC PM Aged TB - Options – Detail
 MC PM Currency Summary Aging Report

ü  Vendor Year-to-Date Summary Reports
(Reports >> Purchasing >> Analysis : Summary)

a.     Tidak ada range yang di pilih >> Langsung Print : Screen atau Printer

Report : Vendor Summary Analysis

ü  Vendor Period Analysis Reports
(Reports >> Purchasing >> Analysis : Period) dengan kriteria :

a.     Year : From 20xx to 20xx ( cth : 2011 to 2011 )

b.    Period : From 1 to 12

Report : Vendor Period


Additional step :

Cek sebelum & sesudah YEC (Inquiry >> Purchase >> Vendor Yearly à Summary View : Amounts Since Last Close) untuk cek Vendor Yearly Summary Inquiry dari beberapa vendor sebagai sample. Kita akan membandingkan kolom Year To Date, Last Year dan Life To Date bahwa amount tersebut akan berpindah kolom setelah dilakukan Year End Closing.

3.     Close Fiscal Year, dengan langkah:

ü  Tools >> Routines >> Purchasing >> Year-End Close.

ü  Mark All (umumnya sudah di mark karena default).

ü  Mark checkbox Print Report (umumnya sudah di mark karena default).

ü  Klik Close Year (klik hanya sekali saja).

Report Year-End Closing : Payables Year-End Fiscal / Calendar Close

Report ini merupakan bagian dari audit trail dan harus disimpan sebagai permanent records dan tidak bisa di print ulang.

4.     Close Fiscal periods untuk module purchasing, dengan langkah:

ü  Tools >> Setup >> Company >> Fiscal Periods.

ü  Mark periode 12 untuk series Purchasing >> Klik OK

5.     Back up database company ( Cth : ARTHA-YEC2011_CloseAP.bak ).

6.     Ganti tgl user menjadi 31 Desember 20xx ( xx = Thn yang akan di tutup )

7.     Bandingkan report Vendor Summary Analysis dengan report Payables Year-End Fiscal_Calendar Close, dimana jumlahnya harus sama.  Bila sama berarti prosedur year – end Closing untuk modul Payables Management telah selesai dilakukan.


FYI :

Sebelum hasil antara report Year-to-Date Summary dan Year-End Close hasilnya belum sama, jangan pernah lanjut ke modul berikutnya.


D.    MODULE FIXED ASSET

1.     Pastikan semua transaksi sudah di entry pada tahun yang akan ditutup seperti Addition, Transfer, penilaian kembali asset, dan retirement. ( Cards >> Fixed Assets >> Book )

2.     Sudah depresiasi pada semua periode 12 pada tahun yang akan ditutup. (Tools >> Routines >> Fixed Assets >> Depreciate or Deprediate One Asset)

3.     Sudah dilakukan GL Posting ( Tools >> Routines >> Fixed Assets >> GL Posting )

4.     Pastikan report FA sudah dikeluarkan / dijalankan (Buat Option baru (New) YEC 20xx ) seperti ;
Note : Disarankan agar semua report yang dicetak ke PDF & disimpan di Folder FA.

ü  Annual Activity
 (Reports >> Fixed Asset >> Activity : Annual Activity)

a.     Tidak ada range yang di pilih >> Langsung Print : Screen atau Printer

Report : FA Annual Activity

ü  Depresiasi
(Reports >> Fixed Asset >> Depreciation : Depreciation Detail)

a.     Mark Include : Active, Retired, Partial Open

b.    Tidak ada range yang di pilih >> Langsung Print : Screen atau Printer

Report : FA Depreciation Detail

ü  Additions
(Reports >> Fixed Asset >> Transaction : Additional)

a.     Mark Include : Active, Multicurrency

b.    Tidak ada range yang di pilih >> Langsung Print : Screen atau Printer

Report : FA Additions

ü  Retirement
(Reports >> Fixed Asset >> Transaction : Retirement)

a.     Mark Include : Multicurrency Info ( Langsung terceklist karena Default )

b.    Tidak ada range yang di pilih >> Langsung Print : Screen atau Printer

Report : FA Retirements MC

5.     Cek Tools >> Setup >> Fixed Assets >> Book :
Pastikan book yang di open untuk YEC adalah tahun yang akan di YEC

6.     Jalankan Fixed Asset Year End Closing Procedure.

ü  Tools >> Routine >> Fixed Asset >> Year End

ü  Pilih BOOK yang akan di YEC

ü  Klik ALL ( masukkan semua Available Book )

ü  Klik Continue

Report Year-End Closing : TIDAK menghasilkan report

7.     Cek YTD Depreciation per Asset menjadi kosong (Card >> Fixed Asset >> Book >> pilih salah satu asset yang akan di cek)

8.     Back up database company ( Cth : ARTHA-YEC2011_CloseFA.bak ).

9.     Ganti tgl user menjadi 31 Desember 20xx ( xx = Thn yang akan di tutup )


E.    MODULE FINANCIAL

Prosedur untuk melakukan year end closing adalah sebagai berikut:

1.     Post semua transaksi tahun yang akan ditutup. ( Cek dari Smartlist ).

2.     Print account list untuk memastikan posting type dari masing-masing account,  Buat Option baru (New) YEC 20xx: (Reports >> Financial >> Accounts : All accounts).

Report : Accounts

Note:
Bila ada posting type yang salah dari suatu account, maka harus diperbaiki dahulu.

3.     Close Fiscal period untuk module financial, dengan langkah:

ü  Tools >> Setup >> Company >> Fiscal Periods.

ü  Mark periode 12 untuk series Financial >> Klik OK

4.     Jalankan check links, dengan langkah:

ü  MDGP >> Maintenance >> Check Links

ü  Pilih series Financial. 

ü  Klik All & OK. 

Report : File Maintenance Error Report

Note : Untuk company yang menggunakan Analytical Accounting, saat proses Check Links akan muncul warning berikut :
Kami sarankan agar user menekan tombol No agar bisa lanjut ke proses berikutnya.








1.     Verify setting di General Ledger Setup, dengan langkah:

ü  Tools >> Setup >> Financial >> General Ledger.

ü  Pilih account Retained Earnings. ( Pastikan Account RE nya sudah benar !! )

ü  Pada Maintain History options, beri mark pada field Accounts & Transaction.

ü  Pada Allow options, beri mark pada field ;

a.     Posting to History (Bila memperbolehkan untuk melakukan posting ke tahun yang sudah ditutup).

b.    Deletion of Saved Transactions & Voiding/Correcting of Subsidiary Transactions jika sudah terMark biarkan saja berarti sejak awal implement sudah tersetting demikian.

ü  Klik OK

2.     Back up database company ( Cth : ARTHA-YEC2011_Checklink.bak ).

3.     Ganti tgl user menjadi 31 Desember 20xx ( xx = Thn yang akan di tutup )

4.     Print Report, Buat Option baru (New) YEC 20xx :

ü  Detailed Trial Balance
(Reports >> Financial >> Trial Balance : Detailed).

a.     Include Mark : Posting Accounts, Zero Balance/No Trx & Multicurrency Info

b.    Year : Open 20xx

c.     Ranges Date : 1/1/xx to 12/31/xx

Report : Multicurrency Trial Balance Detail

ü  Summary Trial Balance
(Reports >> Financial >> Trial Balance : Summary).

a.     Include Mark : Posting Accounts, Zero Balance/No Trx & Multicurrency Info

b.    Year : Open 20xx

c.     Ranges Date : 1/1/xx to 12/31/xx

Report : Multicurrency Trial Balance Summary

ü  Worksheet Trial Balance
(Reports >> Financial >> Trial Balance : Worksheet).

a.     Include Mark : Posting Accounts

b.    Year : Open 20xx

c.     Ranges Date : 1/1/xxto 12/31/xx.

Report : Trial Balance Worksheet

5.     Print Year End Financial Statements (Using FRx) untuk Profit Lost & Balance Sheet Optional.

6.     Set up new fiscal year, dengan langkah:

ü  Tools >> Setup >> Company >> Fiscal Periods.

ü  Pada field Year : ketik next tahun fiscal.

ü  Pada field First Day dan Last Day : ketik tanggal awal dan akhir tahun fiscal.

ü  Pada field Number of periods : ketik jumlah period untuk tahun tersebut.

ü  Klik Calculate.

7.     Close Fiscal Year, dengan langkah:

ü  Tools >> Routines >> Financial >> Year-End Closing.

ü  Setting Retained Earnings Account. ( Pastikan ke User bahwa Account RE nya sudah benar !! )

ü  Setting Starting Journal Entry untuk next tahun fiscal.

Note :  Jika user SUDAH melakukan transaksi tahun berikutnya maka JANGAN RUBAH nomor Jurnal Entry nya.

ü  Klik Close Year (lakukan sekali saja).

Note :
Untuk yang ada Ananlytical Accounting, maka pada saat proses YEC Financial akan muncul informasi ;  Apakah akan melakukan closing Ananlytical Accounting ? maka di sarankan untuk tidak melakukan closing AA nya dengan mengklik NO, karena akan mengakibatkan muncul warning sehingga closingnya gagal.



ü  Close windows menggunakan tanda X di pojok kanan atas JANGAN tombol CLEAR

Report Year-End Closing  :   Multicurrency Year End Closing Journal
                                             
Report ini merupakan bagian dari audit trail dan harus disimpan sebagai permanent records dan tidak bisa di print ulang.

8.     Bandingkan report Multicurrency Trial Balance Detail, Financial Statement dengan report Multicurrency Year End Closing Journal,  dimana jumlahnya harus sama (terutama untuk account Retained Earnings).  Bila sama berarti prosedur year – end Closing untuk modul Financial telah selesai dilakukan

Additional step :

Cek History Summary Inquiry dari beberapa COA sebagai sample. Kita akan membandingkan apakah period balance tahun 20xx ( Thn yg dibuka ) sama dengan nilai TB Summary 20xx ( Thn yg dibuka ).


9.     BACKUP SEMUA DATABASE ( COMPANY & DYNAMICS ) à All user harus keluar dari GP.
(Contoh : ARTHA_AfterYEC2011.bak).

10.  Langkah-langkah lain untuk pengecekkan :

ü  Cek nilai COA Retained Earning nilainya benar atau tidak di Year-End Closing Report

& cek nilai Beginning Balance ( Inquiry >> Financial >> Summary )


ü  Cek TB Summary 20xx ( Thn yg ditutup ) VS Year-End Closing untuk Profit Loss Account
Atau dengan rumusan :

Nilai RE = Nilai RE Report TB Summary – Gain/Loss (Report YEC)

ü  Cek TB Summary 20xx ( Thn yg ditutup ) VS TB Summary 1 Jan 20xx ( Thn yg dibuka ) untuk Balance Sheet Account

11.  Untuk transaksi yang di adjustment setelah YEC, bisa di inputkan dengan Financial >> General Ledger.

Hasil adjust bisa cek via smartlist :

Account Transaction à Source Document is Equal to BBF

Note:
Jika belum melakukan penginputan data di tahun berikutnya harus membuat Running Number baru untuk semua





#LAMPIRAN : Step YEC AA

METHOD 1 - Check the AA data
Jalankan query berikut ini & untuk c ek status data AA tahun yang  ada di tabel Open & History.

select distinct(Year1) from AAG30000

select distinct(Year1) from AAG40000

select * from AAG30000 where aaGLHdrId in
(select aagLHDrId from AAG40000)

METODE 2 - Langkah Setup yang diperlukan untuk mengkonsolidasikan saldo di AA selama proses YEC General Ledger
Jika belum ditutup General Ledger, ikuti langkah berikut untuk memastikan dimensi ditandai dengan benar untuk diikutkan dalam closing :

1.     Mark pilihan konfigurasi untuk menyertakan analitis akuntansi di akhir tahun menutup sebagai berikut:

a.     Pada Microsoft Dynamics GP Menu, Klik Tools >> Setup >> Company >> Analytical Accounting >> Options.

b.    Pilih Include Dimensions in the Year End Close  >> klik OK.







Note : Pilihan ini adalah hanya untuk mengaktifkan fungsionalitas untuk menciptakan Balance Brought Forward pada dimensi. Data AA akan dipindahkan ke Tabel AAG40000 ketika General Ledger ditutup / close terlepas dari apakah opstion ini ditandai.

1.     Secara manual menandai dimensi untuk dimasukkan dalam YEC sebagai berikut:
a.     Di  Cards  >> Financial >> Analytical Accounting >> Transaction Dimension.
b.    Di Trx Dimension, klik dimensi yang ingin diikutkan dalam proses YEC.
c.     Dibagian Year End Close >> klik Include in Year End Close >> klik Save.
d.    Ulangi langkah-langkah b dan c untuk masing-masing dimensi yang ingin disertakan dalam proses YEC.







METHOD 3 – Memindahkan data ke history sebelum  close year, jika ada

1.     Buka Microsoft Dynamics GP >> Tools >> Utilities >> Financial >> Analytical Accounting >> Pilih : Move Data to History.





1.     Di bagian YEAR, tahun harus tercantum jika tahun ditutup dan ada data masih dalam tabel AAG30000. Mulai dengan tahun terakhir close.

2.     Klik pilihan yang sesuai:

o    Transfer transaction detail to history Pilihan ini hanya akan memindahkan catatan detail AA dari open ke history tables dan tidak ada menciptakan document BBF. Maka harus memastikan ada tidak nya BBF dalam tabel AA jika tidak ada,  maka tidak bisa memilih opsi ini. Opsi ini hanya bergerak catatan dari tabel AAG30000 tabel yang AAG40000.

o    Consolidate transactions and transfer detail to history - Pilihan ini akan memindahkan detail AA detail dari open ke history tables, dan menciptakan document BBF. Namun, harus memiliki pilihan yang disebutkan sebelumnya dipilih (METODE 2) agar BBF entri akan dibuat. Pilihan ini akan mengkonsolidasikan saldo semua transaksi dimensi kode tahun tertutup (yang ditandai untuk digabungkan) dan transfer informasi AA ke history tables

Catatan : Saldo konsolidasi dibawa ke depan untuk tahun baru. BBF diciptakan dari tahun yang tertutup.

o    Print transfer preview report only  - Pilihan ini akan memungkinkan untuk melihat transaksi yang akan dipindahkan tanpa benar-benar memindahkan data. Laporan tinjauan menampilkan konsolidasi yang akan dibuat.

o    Catatan : Pilihan ini tidak mengubah data.

3.     Klik OK. Ulangi untuk setiap tahun saat close GL / Financial.



-End Of Document-

No comments