Ratakan

Informations :

Review Microsoft Dynamics GP

Review Microsoft Dynamics GP 


Microsoft Dynamics GP dibangun berdasarkan kekuatan alat produktivitas Microsoft yang populer termasuk aplikasi MS Office, basis data SQL, dan MS SharePoint untuk membantu UKM dan perusahaan besar dalam mengelola keuangannya dengan lebih efisien.


Microsoft Dynamics GP diciptakan dari Great Plains yang lama dan mengubahnya menjadi solusi akuntansi mid-range yang dapat dikustomisasi dan canggih di cloud melalui mitra pihak ketiga. Ia memiliki semua proses akuntansi standar yang disampaikan dalam arsitektur navigasi logis dengan tautan ke fungsi mikro. Layanan cloud memungkinkan usaha kecil dan menengah untuk memotong biaya infrastruktur IT tanpa mengorbankan kekuatan akuntansi perangkat lunak.




Overview of Microsoft Dynamics GP Benefits

Baca terus untuk mengetahui tentang manfaat utama MS Dynamics GP:

Laporan dan Analisis

MS Dynamics GP memiliki wawasan yang kuat, peran-spesifik dengan grafik dan grafik di dalam dan di luar perangkat lunak. Ini memungkinkan pelacakan informasi tambahan melalui lampiran dokumen seperti gambar, kontrak, salinan faktur, dll.

Demikian juga, anggaran laporan dapat ditetapkan berdasarkan tahun, kuartal, atau bulan dengan tampilan yang dapat disesuaikan dan alat perkiraan untuk mengontrol, memprediksi, memantau arus masuk dan arus keluar untuk melacak likuiditas perusahaan. Perangkat lunak ini juga memungkinkan penyederhanaan proses pelaporan akhir tahun dan akhir tahun, lembar waktu proyek, dan laporan pengeluaran

Akuntansi Umum

MS Dynamics GP mempertahankan entri jurnal keuangan dengan buku catatan akuntansi double-entry yang mendukung hingga 999 periode. Ini juga mengotomatiskan tugas-tugas hutang rutin dan rumit dengan sejarah statistik real-time, rekonsiliasi mudah, kontrol akun, penjadwalan pembayaran, dan pencetakan cek. Fitur utama lainnya termasuk: mengontrol piutang Anda dengan proses otomatis untuk faktur, kwitansi, biaya keuangan, dan laporan; mencetak cek pengembalian uang; transfer informasi cepat antara piutang dan hutang berdasarkan catatan vendor dan sebaliknya; dan melacak beberapa anggaran untuk beberapa tahun fiskal dalam berbagai mata uang dan akun General Ledger.

Demikian juga, MS Dynamics GP membuat jejak audit pengguna pada modifikasi anggaran dan dapat menghubungkan dokumen yang relevan bersama-sama untuk memberikan wawasan kepada orang-orang tentang transaksi historis. Hal ini juga dapat mengatur pengingat untuk skenario tertentu seperti batas kredit pelanggan, stok barang pendek, atau hutang jatuh tempo dan mencari dan melacak informasi anggaran, permintaan saat ini, atau pembebanan sejarah

Penggajian & Karyawan

Perangkat lunak ini menghasilkan file Federal Magnetic Media untuk membantu Anda mempertahankan kepatuhan penuh dengan persyaratan pelaporan pemerintah dan membantu Anda menarik, mempertahankan talenta teratas dengan proses perekrutan yang dapat disesuaikan, penjadwalan, tarif pembayaran, dan alat evaluasi kinerja. Dapat mengotomatisasi dan menyederhanakan proses penggajian yang rumit, sambil memungkinkan penambahan dana penggajian ke bank karyawan.

Inventaris & Layanan

MS Dynamics GP memonitor tingkat persediaan inventaris dan biaya serta menetapkan harga berdasarkan customer per customer dan menampilkan beberapa metode biaya, penetapan harga berjenjang, dan vendor alternatif. Ini juga memungkinkan beberapa lokasi dan tempat sampah dengan melacak kode alasan dan jumlah siklus, dan pelacakan cepat komponen dan sub-rakitan yang digunakan dalam pembuatan light manufacturing dan produksi serupa.

Selain itu, perangkat lunak memiliki pembelian otomatis melalui pesanan pembelian yang telah ditetapkan dan memungkinkan orang untuk memesan bahan yang diperlukan untuk menjalankan bisnis dengan persetujuan dalam modul Manajemen Pengadaan. Ini melacak kutipan, pesanan, pesanan kembali, faktur per barang dan pengiriman sebagian dan mengkonsolidasikan pesanan pemenuhan menjadi satu faktur.

Produktivitas & Integrasi

Perangkat lunak ini dengan mudah berintegrasi dengan MS Office dan alat produktivitas Microsoft lainnya yang sudah Anda gunakan termasuk Microsoft SharePoint dan database server SQL. Ini dapat diakses melalui banyak perangkat dan lokasi untuk fleksibilitas yang lebih besar, dengan server proses khusus untuk menghindari pelambatan komputer karyawan Anda untuk tugas-tugas yang intensif prosesor.

Demikian juga, MS Dynamics GP membantu orang bekerja secara kolaboratif dengan tugas dan pelacakan tugas, ditambah penyebarannya cepat melalui Layanan RapidStart.

Skalabilitas


MS Dynamics GP dapat diakses melalui desktop (client-server) atau layanan cloud untuk mencocokkan kemampuan anggaran infrastruktur IT Anda . Tampilan dan fungsinya dapat dimodifikasi melalui pengkodean Visual Basic seperti menambahkan bidang baru, mengubah sumber daya global untuk mempengaruhi keseluruhan aplikasi, dan melampirkan kode untuk logika bisnis yang kurang kompleks.



Overview Dynamics GP Features                                                                                                       



User Reviews                                                                                                                                                   











What integrations are available for Microsoft Dynamics GP?                                          


  • Financial management
  • Collection management/customization and integration suite
  • SmartList Builder
  • Excel Report Builder
  • Navigation List Builder
  • Drill Down Builder
  • Integration Manager
  • eConnect
  • Macros
  • Extended human resource and payroll
    • HR advance
    • Payroll advance
    • PTO manager
    • Benefits self-service
  • Business intelligence & reporting/Microsoft Forecaster unlimited
  • Supply chain management
    • Distribution suite
    • Available to promise
    • Returns management
  • Manufacturing solutions
    • Bill of materials
    • Order processing
    • Manufacturing suite
    • Materials requirements planning
  • Project accounting
  • Customer Relationship Management
    • Contract administration
    • Service call management
    • Depot management
    • Preventive maintenance



I. Getting Started
Login Dynamics GP

1. Start Menu pilih Microsoft Dynamics >> GP



2. Server : Merupakan ODBC Connection untuk connec antara database dengan Dynamics GP
3. User ID : Masukkan User ID yang sebelumnya pernah deregister dalam GP
4. Password : Password saat User ID deregister. Password case sensitive untuk itu pastikan mengisi password dengan tepat yaitu penggunaan capital atau huruf kecil.

Jika pengetikan password salah akan muncul informasi berikut : 



5. Klik button OK
Window Company Login akan ditampilkan


Company : Pilih Company yang ingin di akses. 
Remember this company : Jika di ceklist maka ketika login akan otomatis masuk ke company tersebut, jadi window Company Login tidak ditampilkan.
Server : Berdasarsarkan login user
Current Users : User yang sedang login saat itu 
Users Allowed : Jumlah user yang dapat login secara bersamaan 
Change User : Jika ingin mengganti user login dengan user lain dapat klik button ini

6. Untuk login klik OK button.


7. Tampilan default company saat login sebagai berikut (tergantung akses security user) : 





Logout Microsoft Dynamics GP
1. Save pekerjaan yang dilakukan atau jika ada window yang sedang di open di close terlebih dahulu.
2. Pilih Menu File >> Exit atau klik button close di ujung kanan window GP





Menu Bar
List menu bar Microsoft Dynamics GP dapat berubah-ubah sesuai dengan additional product yang diinstall.


Menu
Description
File
Termasuk command untuk ganti user dan company serta print report.
Edit
Termasuk command untuk select, cut, copy, paste atau delete text suatu window
View
View digunakan untuk menampilkan view list, toolbars, shortcuts, smartlist, reminder, navigation pane, dan homepage.
Tools
Tools menyediakan akses ke tools contoh setup windows, utilities, routines, dan macro. Dapat juga digunakan untuk mengakses resource description dari table, field dan window
Transactions
Transactions termasuk akses ke Financial, Inventory, payroll, purchasing, dan sales trx entry window
Inquiry
List inquiry window yang dapat digunakan untuk menampilkan informasi yang sudah pernah dibuat baik posisi save ataupun posting.
Reports
Menyediakan akses ke window dimana kita dapat membuat report.
Cards
Menyediakan akses ke window master data, seperti master customer, vendor, account dan employee
Extra
Termasuk option untuk merubah informasi yang ditampilkan pada window saat ini. Option yang ditampilkan tergantung pada window yang sedang ditampilkan
Windows
List semua window yang saat ini sedang dibuka.
Help
Menyediakan informasi seperti printable manuals, sample report dan window help. Dapat juga digunakan untuk menampilkan required field.


































Tool Bar


Tool bar yang ditampilkan adalah toolbar yang dicustomize per-user. 
Setiap user dapat merubah toolbar yang ingin ditampilkan.
Gunakan toolbar untuk mengakses Microsoft Dynamics GP secara cepat tanpa menggunakan Menu Bar. 
Secara default, berikut adalah toolbar yang available :
- Main
- Financial
- Standard
Pilih Button Lay Out (Alt + L) >> Toolbar >> Pilih toolbar yang ingin ditampilkan pada Microsoft Dynamics GP. Ada beberapa jenis toolbar yang hanya ada jika install additional series. 
Sebagai contoh : Toolbar human resource & payroll hanya ada apabila human resource diinstall.
Berikut adalah toolbar yang tersedia :






Customizing Toolbars
Gunakan customizing toolbars untuk men-customize toolbar sesuai dengan keinginan masing-masing user. Customizing toolbars dapat digunakan untuk menambah ataupun menghapus suatu command dari toolbar.
Untuk melakukan customize suatu toolbar :
1. Buka window toolbar customization window dengan cara klik kanan pada area menu dan pilih customize



2. Select toolbar yang ingin ditambahkan window / command




3. Pilih Add untuk membuka add command window jika ingin menambahkan listing window lainnya



4. Pilih suatu menu dari list menu group
5. Pada categories / commands pane, expand category untuk
menampilkan window dan category di dalamnya, pilih salah satu category / command dari list
6. Klik OK




7. Hasilnya toolsbar akan muncul di menu list








II. Microsoft Dynamics GP Windows

Opening a Window
1.  Dari menu atau toolbar, pilih task yang ingin dikerjakan
Sebagai contoh, apabila hendak membuat suatu transaksi, maka pilih Transaction dari menu bar.
2. Pilih Series. Sebagai contoh, pilih financial, kemudian pilih General, maka window transaction    entry akan ditampilkan. Selanjutnya kita dapat mengisi dan post transaksi.
3.  Dari menu atau toolbar, pilih task yang ingin dikerjakan

Data Entry Fields
Data Entry adalah field yang dapat digunakan untuk mengisi informasi ataupun selection.  Kita dapat memiliki beberapa tipe data entry yang berbeda-beda dalam 1 window Microsoft Dynamics GP.


Primary Window
Primary window dapat dibuka dari menu atau primary window lainnya. Primary window digunakan untuk menginput informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan spesifik task di Microsoft Dynamics GP.



Task Window
Task window biasanya dibuka dari primary window, contohnya transaction entry, inquiry atau cards window. Dengan task window atau secondary window, kita dapat mengisi spesifik informasi dari data yang ada di primary window.
Task window tidak memiliki toolbar, tetapi tetap memiliki nota dan help button yang memiliki fungsi yang sama dengan primary window.




List Window
List window dibuka dari menu, list pane, atau list window lainnya. Hanya 1 list window yang dapat dibuka dalam 1 waktu. Ada 3 type list window – master record list, transaction list, report list.

Master Record List
Master record list berupa listing mater data. Contoh : record list customer.





Transaction Record List
Transaction Record List berupa listing transaksi data. Contoh : record list receivables transaction



Report Record List
Report record list terdiri dari report, smartlist favorite, custom report.
Contoh : financial report list




Scrolling Window
Scrolling window selalu ditampilkan bersama-sama window lainnya. Digunakan untuk menampilkan record-record yang telah disimpan sebelumnya.




Lookup Window
Pada lookup window, kita dapat memilih existing informasi yang ingin ditampilkan pada window lainnya.





Advanced Lookup Window
Advanced lookup window memiliki kelebihan dapat melakukan pencarian record lebih cepat dengan bantuan advanced search button dan dapat melakukan pencarian dengan menggunakan field yang ada dalam database.



Note Window
Kita dapat memasukkan informasi berupa text ataupun file attachment dengan menggunakan attachment button.







III. Navigation Pane

Overview Navigation Pane
Dengan navigation pane, kita dapat mengakses window dalam Microsoft Dynamics GP tanpa menggunakan menu ataupun toolbar







IV. HOME PAGES

Home Pages Overview
Home page menyediakan kemudahan mengakses informasi yang diperlukan dalam pekerjaan. Dengan home page, kita dapat melihat list task dan reminder, jumlah email yang belum dibaca, dan beberapa pekerjaan rutin yang dilakukan sehubungan dengan pekerjaan masing-masing user.




Tampilan homepages dapat di modifikasi sesuai dengan keinginan kita dengan klik Customize This pada pojok kanan <user> home






To Do
Area ini menampilkan task yang diassign untuk kita, predefined reminder, dan customized reminder yang telah di setup.





Quick Links
Area ini menampilkan link ke Microsoft Dynamics GP, web pages, dan external program yang telah diset sebagai quick links.




My Reports
Area ini menampilkan 10 report yang paling sering digunakan dan yang telah ditambahkan dalam list my report.








Selecting User Role
Pertama kali login ke Microsoft Dynamics GP, kita dapat memilih default informasi yang spesifik terhadap pekerjaan kita. Setelah memilih user role yang similar terhadap pekerjaan maka reminders, reports, smartlist favorite, dan metrics yang biasa digunakan akan secara otomatis di set sebagai default pada homepage kita.





V. SHORTCUT NAVIGATION

Overview Shortcut Bar
Shortcut bar terletak di dalam navigation pane. Untuk menampilkan navigation pane, pilih Layout  (Alt + L) >> Navigation Pane.Kita dapat menggunakan shortcut bar untuk membuka window yang sering digunakan.




Default Shortcut
Setiap user baru akan di setting berdasar default shortcut. Default shortcut dapat didelete, dipindahkan, dan di-rename.

User Preferences, digunakan untuk mencustomize tampilan pada workstation, merubah password dan men-set option lainnya.
Shortcuts. Pilih folder icon untuk men-expand folder yang berisi Microsoft Dynamics GP web site, CustomerSource web site, dan Microsoft Dynamics Services Guidebook.
Startup. Organize shortcut pada window spesifik yang ingin ditampilkan ketika Microsoft Dynamics GP dibuka.







Creating Shortcut
- Create Shortcut to Microsoft Dynamics GP window
- Smartlist Favorite
- Microsoft Dynamics Macro
- Internet Web Pages
- Other Application in your system
Shortcut tidak dapat menggunakan nama yang sama. Jika shortcut dibuat dengan menggunakan nama yang sama, maka akan tampil no setelah nama tersebut.




VI. USER PREFERENCES

Customize User Preferences
1. Pastikan login user adalah login untuk user yang akan diset user preferences-nya
2. Buka window User Preferences (Microsoft Dynamics GP >> User Preferences)



3. Mark Horizontal scroll arrow option untuk menampilkan scroll arrow untuk beberapa field, misalnya Accont Number.
4.Mark printer, screen atau keduanya sebagai default report destination

5.Mark tab atau return sebagai entry key bagi user untuk pindah field. Jika yang dipilih adalah return maka ENTER akan digunakan sebagai entry key untuk pindah field dan SHIFT + ENTER digunakan untuk save atau process informasi pada window tersebut.
6.Jika menggunakan Sales Transaction Entry window, maka pilih default sales document type yang tampil pada window SOP.
7.Pilih reminder, display dan password untuk memodifikasi preferences lain atau pilih OK untuk menutup window dan menyimpan perubahan.



Changing your display
Kita dapat merubah warna, style untuk links, required dan editables field, dan altenating lines pada scrolling window. 
1.Buka window User Preferences window (Microsoft Dynamics >> User Preferences >> Display Button) 



2.Pilih salah satu color scheme
3.Pada Link Field group, specify tampilan untuk link field
4.Pada Required Field group, specify tampilan untuk required field
5.Pilih apply dan gunakan preview button untuk men-view tampilan yang telah dipilih.
6.Setelah selesai melakukan perubahan, klik OK.



Changing your Password
1.Buka window User Preferences window (Microsoft Dynamics >> User Preferences >> Password Button) 




2.Pada field Old Password, masukkan password saat ini.
3.Pada field New Password, masukkan password baru yang diinginkan
4.Masukkan sekali lagi password baru pada field Reenter New Password field.
5.Klik OK
NB : Perubahan yang dilakukan, akan berpengaruh pada login berikutnya.




Modify Auto Complete Option
Dengan menggunakan auto complete, entries yang dilakukan sebelumnya seperti customer ID, vendor ID, dan Address ID, akan disimpan. Dan, ketika kita memasukkan informasi, maka akan ditampilkan data yang disarankan dalam suatu list. Kita dapat juga memilih <<more>> untuk membuka lookup window sesuai dengan field tersebut.
1.Buka window User Preferences window (Microsoft Dynamics > User Preferences >> Auto Complete) 
2.Masukkan jumlah hari dimana entries yang tidak digunakan akan diremoved. Jika number of days = 0, maka unused entries tidak akan diremoved
3.Masukkan jumlah entries yang akan disave untuk setiap field.
4.Klik remove entries button untuk me-remove semua entries yang telah disave sebelumnya
5.Setelah selesai melakukan perubahan, klik OK.




NB : Perubahan yang dilakukan, akan berpengaruh pada login berikutnya.




Contoh penggunaan auto complete adalah ketika sudah pernah input baik lookup maupun ketik maka akan muncul sugest 







Modify User Date

User date ditampilkan pada toolbar. Default date yang ditampilkan adalah system date, tetapi user date dapat dirubah dengan 2 cara :
- Merubah operating system date
- Merubah user date.




Klik pada field user date untuk membuka userdate window
Pada field date, masukkan date baru, kemudian klik OK.
Penerapan User Date ketika dimana ketika membuka window transaksi yang ada informasi tanggal maka otomatis tanggal mengikuti settingan user date.





VII. Cards

Overview Cards
Cards digunakan sebagai master record data yang mana dapat melakukan menyimpan, mengupdate informasi. Sebagai contoh master data : Chart of Account (COA), Customer Master, Vendor Master, dan Item Master.
Entering Card Information
1.Buka window card yang ingin diisi informasinya. Sebagai contoh : Vendor Maintenance Window. (Card >> Purchasing >> Vendor)


2.Masukkan ID pada vendor ID field.
3.Masukkan nama vendor pada vendor name field
4.Lanjutkan dengan pengisian field-field tambahan lainnya mengenai vendor tersebut.
5.Klik save untuk menyimpan transaksi, kemudian tutup window Vendor Maintenance.




VIII. Posting Batches

Individual Transaction
Jika transaksi yang dimasukkan adalah individual transaction, maka system dapat langsung mem-post individual transaction setelah selesai memasukkan data. Jenis post ini disebut ‘transaction-level posting’, atau kadang disebut juga ‘real time posting’.
Contoh window Bank Transaction Entry (Tidak ada Save Button , transaksi langsung di post)




Posting Transaksi dengan menghapus batch nya terlebih dahulu 





Batches Transaction
Batch adalah satu group transaksi yang diidentifikasi dengan sebuah nama yang unique atau nomor. Sebagai contoh, transaksi dengan tanggal yang sama dapat digrouping menjadi 1 batch, atau transaksi yang diinput oleh user yang sama dapat digrouping dalam 1 batch.
Data yang disimpan dalam batch dapat direview kembali sebelum diposting dikemudian hari. Batch tidak dapat diposting jika ada yang sedang mengakses batch tersebut.

Ada 2 jenis batch yang dapat digunakan : Single–use batch dan Recurring Batches.

Single-use Batch
Digunakan untuk 1 kali dan batch akan langsung didelete setelah diposting. 
Transaksi seperti credit memo, return, payment dan multicurrency transaksi biasanya menggunakan single-use batch. 




Contoh Simulasi Single-Use Batch : 
1. Transaksi GL disimpan dalam batch Single Use 

2. Kemudian Batch tersebut diposting 


3. Hasilnya ketika kita lookup Batch Number tersebut sudah tidak ada lagi di Batch Entry 




Recurring Batch
Digunakan apabila batch dapat digunakan lebih dari 1 kali. Setelah batch diposting, maka batch akan tetap ada dan tidak dihapus dari system.



Contoh Simulasi Recurring Batch : 
1. Buat Batch Entry : Transaction >> Financial >> Batches
Frequency pilih selain single use
Untuk contoh ini Recurring Posting 2 kali, jadi setelah 2 kali posting batch baru batch ini dihapus 

2. Buat Transaction Entry ke satu, save transaksi 



3. Open Batch Entry dan Post



4. Setelah diposting batch tersebut coba open lagi tampak batch ini masih bisa dipilih dan muncul Times Posted 1 




5. Buat transaksi lagi menggunakan batch tersebut dan lakukan post by batch kembali 



6. Post by Batch



7. Setelah 2 kali post baru Batch ID tersebut hilang atau di hapus dari Batch Entry 





Posting Method for Batches
Batch-Level Posting, digunakan untuk mem-post 1 batch dari suatu batch entry window.

Series Posting, digunakan untuk mem-post beberapa batch yang available dalam suatu series tertentu
Financial : Financial >> Transactions >> Financial >> Series Post
Sales : Sales >> Transactions >> Series Post
Purchasing : Purchasing >> Transactions >> Series Post
Inventory : Inventory >> Transactions >> Series Post
.
Master Posting, digunakan untuk mem-post semua batch yang available pada Microsoft Dynamics GP
Administration >> Routines >> Master Posting





Batch Recovery
Ketika melakukan posting, sering kali terjadi interupsi, ataupun adanya error pada batch yang dapat menyebabkan suatu batch tidak berhasil diposting. Hanya user yang melakukan posting yang akan dinotify mengenai kegagalan posting. Tetapi semua user dapat menggunakan Batch Recovery window untuk melanjutkan posting.
1.Buka window Batch Recovery (Microsoft Dynamics GP >> Tools >> Routines >> Batch Recovery)
2.Mark batch yang ingin dilanjutkan proses postingnya.

3.Klik Continue button.






IX. Reporting Options

Default Report pada Ms Dynamics GP
Microsoft Dynamics GP memiliki banyak report default yang dapat dicetak. Sebagai contoh, untuk mencetak default report, klik File >> Print dari window yang sedang digunakan. Print dalam Microsoft Dynamics GP adalah suatu background process sehingga kita dapat melanjutkan aktivitas lainnya, tanpa harus menunggu report selesai dicetak.
My Report List (Dari Navigation Pane pilih salah satu series >> Report List)
Untuk report-report yang sering digunakan, dapat ditambahkan dalam My Report List. My Report List dapat ditambahkan dari report option, smartlist favorite, customized report, ataupun customized report.

 “Out-of-the-box” Reports
Ada sejumlah laporan yang dibuat sebelumnya yang dapat dijalankan untuk melihat Laporan Keuangan. Data yang disajikan dalam laporan dapat difilter, namun organisasi data sulit diubah, sehingga membatasi daya tarik tampilan visual dari laporan tersebut.
Laporan out-of-the-box sangat bagus untuk mengakses informasi Anda dengan cepat, tetapi tidak memadai untuk keperluan presentasi. Untuk mengakses laporan di luar kotak, Anda cukup memilih satu dari menu "Laporan" dari modul Dynamics GP apa pun.
Biasanya digunakan untuk: Mendapatkan informasi laporan umum atau melihat laporan keuangan dengan cepat untuk penggunaan intradepartmental, tetapi laporan yang ingin dicustomize sulit dilakukanmelalui GP Report Writer tool.




Inquiry Windows
Meskipun Inquiry WIndows tidak dapat digunakan untuk membuat laporan aktual, mereka masih layak disebut sebagai salah satu cara paling umum untuk mengambil informasi dari Dynamics GP.
Setiap modul memiliki serangkaian Enquiry Windows yang dapat digunakan untuk melihat data dalam sistem secara instan. Enquiry Windows adalah unik karena mereka menampilkan informasi yang berkaitan dengan pengguna, tetapi tidak dapat disesuaikan atau interaktif.
Inquiry WIndows ada di setiap modul Dynamics GP dan dapat disimpan sebagai pintasan untuk pengguna individu untuk mengakses dengan mudah. Akses ke jendela Inquiry tidak memerlukan instalasi tambahan.
Biasanya digunakan untuk: Mencari informasi spesifik dengan cepat dan memberikan informasi tanpa membiarkannya dimanipulasi.





All-in-one Views
Salah satu fitur baru di GP 2018 adalah penambahan Tampilan All-in-one untuk modul Pembelian, Penjualan, dan Inventaris.
Tampilan all-in-one memungkinkan pengguna untuk melihat semua dokumen terkait untuk satu transaksi dalam satu jendela. Jendela ini dapat diakses dari jendela customer maintenance atau vendor maintenance, beberapa inquiry windows , Navigation List, dan homepage.
Biasanya digunakan untuk: Menemukan dengan cepat semua dokumen yang terkait dengan transaksi tertentu untuk tujuan penyelidikan.






SmartLists
SmartList adalah alat pelaporan standar dengan baris dan kolom yang dapat disesuaikan. Untuk setiap modul, ada sejumlah kolom data yang dapat ditambahkan atau dikurangkan dari tabel dengan pembaruan hampir seketika.
Kolom dapat disesuaikan untuk menampilkan informasi yang dapat dikonfigurasi oleh pengguna. Baris dapat difilter dan diurutkan berdasarkan berbagai jenis data yang muncul di bidang kolom.
Setelah pengguna puas dengan bagaimana SmartList terlihat, laporan dapat dengan mudah diekspor ke Excel untuk manipulasi data lebih lanjut dan kemudian digunakan.
Biasanya digunakan untuk: Membuat tabel dengan cepat dan memeriksa informasi yang diperbarui di tabel yang dibuat sebelumnya.





Navigation Lists
Mirip dengan SmartLists, Navigation List menyajikan data dalam bentuk tabel atau daftar yang dapat sepenuhnya disesuaikan, difilter, dan diurutkan berdasarkan kebutuhan pengguna. Namun, Navigasi List menambahkan kemampuan untuk mengambil tindakan pada item dalam daftar.
Beberapa tindakan, termasuk mengirim dan mencetak laporan melalui email, tersedia ketika Anda memilih beberapa rekaman — dan mereka bahkan tidak harus berada dalam rentang atau berurutan seperti yang mereka lakukan dengan laporan standar GP.
Selain itu, Navigasi Go To memungkinkan Anda untuk menelusuri ke jendela lain, seperti pertanyaan atau transaksi (tergantung pada status pengeposan), atau mengirim hasil ke Excel. Navigasi juga memungkinkan untuk Go To a report dan bahkan menyesuaikan dengan menambahkan opsi Go To Anda sendiri.
Biasanya digunakan untuk: Mencari data, memasukkan data baru, mengambil tindakan pada data, mencetak laporan, dan mengambil tindakan lain semua dalam jendela yang sama.





Refreshable Excel (now with OData service)
Dengan menggunakan Protokol Data Terbuka atau OData, pengguna sekarang dapat mengakses informasi yang terdapat dalam sumber data, mengkonfirmasikannya, dan menyusunnya melalui membuat, membaca, memperbarui, dan menghapus operasi.
Dynamics GP 2018 sekarang menyediakan OData yang dapat dihubungi pengguna dari dalam Excel untuk membuat laporan analitik menggunakan Power Query, Power View, PowerPivot, dan Power Map.
Dengan laporan Excel yang dapat diperbarui ketika Anda menjalankan laporan, data langsung ke Excel, dan koneksi data yang dapat di-refresh dibuat sehingga data baru ditambahkan atau diubah di Dynamics GP, laporan Excel menggunakan koneksi ini akan mencerminkan perubahan. Laporan dapat diakses dari Microsoft Dynamics GP, lokasi jaringan aman, SharePoint Server, atau bahkan Outlook.
Biasanya digunakan untuk: Mengganti laporan apa pun yang sering dijalankan, lalu diekspor ke excel.




SQL Server Reporting Services (SSRS)
SQL Server Reporting Services  adalah opsi pelaporan berorientasi objek. Karena SSR query data langsung dari database, untuk memiliki pemahaman lengkap tentang kemampuannya Anda harus memiliki setidaknya pemahaman dasar tentang struktur database SQL dan SQL.
SSRS menyediakan alat WYSWYG Report Builder yang dapat digunakan dengan Model Laporan Dynamics GP untuk membuat laporan sederhana dengan cepat. Semua objek dalam laporan dapat dipotret dengan mudah ke kisi-kisi atau satu sama lain sehingga mudah untuk memastikannya layak.
Setelah laporan dibuat, mereka dapat disimpan bersama dengan laporan SSR lainnya dan diakses dari Dynamics GP.
Ideal untuk: Laporan yang sangat disesuaikan dengan persyaratan estetika khusus yang harus dapat diakses melalui browser.





Management Reporter
Sebelumnya dikenal sebagai FRx, Manajemen Reporter adalah penulis laporan keuangan yang dikemas dengan perangkat lunak Dynamics GP. Manajemen Reporter adalah alat yang direkomendasikan untuk menghasilkan laporan keuangan diformat dari Dynamics GP dan mampu menangani laporan konsolidasi atau multicurrency kompleksitas menengah.
Saat melihat laporan, Manajemen Reporter memungkinkan untuk menelusuri detail transaksi tertentu dalam Dynamics GP. Manajemen Reporeter juga memiliki kemampuan berbagi premium. Laporan dapat dilihat dan dibagikan dengan mudah melalui Office 365, email, jaringan, melalui browser web, dll.
Biasanya digunakan untuk: Laporan keuangan terformat untuk manajemen dan pemangku kepentingan lainnya.




Power BI with OData service
Di GP 2018, jika Anda memiliki Power BI dimana Anda sekarang dapat menambahkan visual Power BI ke halaman beranda Dynamics GP. Laporan-laporan ini menampilkan mirip dengan bagaimana grafik SSRS dan KPI dapat ditampilkan di halaman rumah.
Biasanya digunakan untuk : Pengguna tingkat eksekutif yang perlu melihat data GP di tingkat tertinggi, tetapi tidak selalu memiliki akses ke GP.




Third Party Corporate Performance Management (CPM) Tools
Selain opsi pelaporan yang terkait langsung dengan Dynamics GP, ada sejumlah produk pelaporan pihak ketiga yang dirancang untuk meningkatkan tidak hanya pelaporan tetapi juga penganggaran dengan Dynamics GP. Contohnya termasuk:
BI360 - Alat pelaporan dan penganggaran berbasis excel yang memungkinkan pengguna memanfaatkan keterampilan yang ada di excel untuk membuat laporan menggunakan data dari Dynamics GP.




Prophix - Sebuah alternatif untuk Reporter Manajemen yang mampu menangani konsolidasi unit bisnis yang jauh lebih kompleks dan terjemahan multi-mata uang.




End of Documention

No comments