Ratakan

Informations :

Receivables Transaction Inquiry – Customer Do not show History even though the Remaining Amount is Zero

Case and Solution : Receivables Transaction Inquiry – Customer  
Do not show History even though the Remaining Amount is Zero


Jika Anda pengguna baru di ERP Dynamics GP dan Anda berprofesi sebagai Finance yang melakukan penerimaan pelunasan piutang customer menggunakan Cash Receipt namun Anda juga melakukan pekerjaan pembayaran hutang vendor maka pada module Receivables Transaction Entry Anda akan menemui pertanyaan dimana ada customer yang meskipun sudah full apply dan nilai outstanding invoice nya sudah 0 (zero) namun masih muncul dipososi open pada window "Receivables Transaction Inquiry – Customer".

Letak window ini di : Sales >> Inquiry >> Transaction by Customer

Tampilan window tampak sebagai berikut : 



Berdasarkan link websites Dynamics Community berikut : 

Dijelaskan bahwa hal ini terjadi karena : 

Karena Receivables Management tidak secara otomatis memindahkan dokumen ke history. 

Mengapa? Karena tidak tahu memotong dokumen yang ingin Anda cetak pada pernyataan itu. Mengapa? Karena ini bervariasi dari perusahaan ke perusahaan: beberapa perusahaan ingin menunjukkan kepada pelanggan pembayaran 3 bulan terakhir, beberapa ingin menunjukkan bulan terakhir, beberapa suka menunjukkan bukan apa-apa.

Untuk memindahkan dokumen ke history, Anda harus menjalankan proses Paid Transaction Removal process. Saya sarankan Anda membaca dengan baik melalui Receivables Management manual untuk memahami beberapa proses modul.

menurut : 

Mariano Gomez 

Berdasarkan penjelasan tersebut dalam tutorial ini saya akan jelaskan lebih detail bagaimana caranya sekaligus membuat scenario simulasinya bagaimana proses step by stepnya : 

1. Buat sebuah Invoice dan lakukan posting  



2. Setelah Anda melakukan posting invoice sekarang buka window Receivables Transaction Inquiry Posisi invoice sebelum bayar berada pada posisi open.




Keterangan : 
* Customer ID : Pilih Customer 
* Include : Beri ceklist pada pilihan Open
* Redisplay Button : klik untuk menunjukan display data yang difilter Open 

3. Buat penerimaan pelunasan piutang (Cash Receipt
    Sales >> Transactions >> Cash Receipts


4. Lakukan Apply Cash Receipt to Invoice pada window "Apply Sales Document"



5. Buka kembali window Receivables Transaction Inquiry 
Ketika dilihat lagi ke window Receivables Transaction Inquiry - Customer 
Tampak bahwa document invoice yang sudah full apply dan Amount Remaining 0 (zero) masih diposisi Open


6. Buka window Paid Sales Transaction Removal
Tools >> Routines >> Sales >> Paid Transaction Removal



7. Pilih Customer dan ceklist Paid Transactions, Balance Forward Consolidation, Print Register
    Kemudian klik Button Process 


8. Pada saat button process di klik maka ada muncul report dimunculkan saja agar diketahui data mana saja yang dipindahkan ke posisi history 



9. Buka kembali window "Receivables Transaction Inquiry"  Sekarang posisi Invoice sudah menjadi History 



Demikian tutorials bagaimana caranya agar posisi open zero amount remaining receivables transaction pindah ke posisi history.

Semoga tutorials ini bermanfaat 

Tanya GP via WA klik link berikut : TANYA GP

No comments